Januari 08, 2012

Matematikawan Veda


Matematika Kuno terbesar sebelum Zaman Keemasa Yunani adalah pada awal peradaban India (Hindu) Veda. Para Vedics memahami hubungan antara geometri dan aritmatika, astronomi dikembangkan, astrologi, kalender, dan digunakan bentuk-bentuk matematika dalam beberapa ritual keagamaan.

Awal perkembangan matematika berasal dari Lagadha, yang diperkirakan hidup sekitar 1300 SM. Lagadha menggunakan geometri dan trigonometri dasar untuk astronomi. Kemudian, ada Baudhayana yang diperkirakan hidup sekitar 800 SM, juga menulis pada aljabar dan geometri. Matematikawan Veda kuno lainnya adalah Yajnawalkya, yang diperkirakan hidup sekitar 800 SM, telah berhasil melakukan pendekatan terbaik untuk nilai π.


Budaya awal lainnya juga dikembangkan beberapa matematika. Bangsa Maya kuno ternyata memiliki sistem tempat-nilai dengan nol sebelum Hindu itu; arsitektur Aztec menyiratkan keterampilan geometri praktis. Cina Kuno pasti berkembang matematika, meskipun bukti tertulis sedikit bertahan sebelum buku terkenal Chang Tshang itu.


Banyak istilah matematika ditemukan dalam kitab Weda (kitab suci umat Hindu, India). Dalam Rgveda (II. 18. 4-6), kita menemukan urutan 2, 4, 6, 8, serta 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80, 90, 100. Hal ini menunjukkan bahwa urutan perbedaan kedua biner dan desimal dikenal. Sebuah sistem desimal terbatas juga dikenal, terdiri dari kelipatan dari sepuluh: istilah seperti Dasha (10), shata (100), Sahasra (1000) dan ayuta (10.000) adalah umum.

Ayat pertama dari Atharvaveda, mengacu pada trisapta atau berbagai jenis kombinasi dari tujuh dan tiga orang: 3 + 7 = 10; 3 x 7 = 21, dan 3 + 5 + 7 = 15 . Ada referensi dalam Weda menunjukkan pengetahuan geometri juga. Berbicara roda dijelaskan, dan Rgveda (I.164 11-15.) Menunjukkan pengetahuan tentang lingkaran dan jari-jari.

Selain karya-karya suci seperti Weda, Brahmana dan Upanishad, literatur Veda mencakup karya sekuler yang dikenal sebagai Sutra yang berkaitan dengan bidang-bidang seperti tata bahasa, etimologi, hukum dan matematika. Para Sulbasutras (atau Sulbas) adalah pembaca teks-teks matematika yang menggambarkan aturan-aturan dan hasil matematika dalam konteks maka objek akrab seperti altar Veda. Untuk alasan ini, beberapa pihak berwenang menganggap mereka sebagai 'agama' atau 'ritual' matematika. Pada kenyataannya, sesungguhnya matematika yang tidak ada hubungannya dengan agama atau ritual.

Karya terbaik para Sulbas adalah pada aljabar geometri: masalah dinyatakan dalam istilah geometris, tetapi solusi yang menggabungkan geometri dan aljabar. Contoh paling terkenal mungkin adalah Teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat pada miring dari segitiga siku-siku adalah sama di daerah dengan jumlah kuadrat di dua sisi lainnya. Teorema Pythagoras adalah sebuah ironi; penulis Baudhayana Sulba menyatakan setidaknya 1500 tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca dan memberikan komentar, kritik dan saran pada post ini.