Januari 21, 2012

Puisi Cinta Matematika

Sekitar bulan Juni tahun 2008, saat saya masih menjabat sebagai MAHASISWA Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, saya melihat jendela ruang kepala Departemen (yang saat itu dijabat oleh Dr. Eridani), saya melihat sebuah kertas dengan tulisan yang cukup menarik. Puisi Cinta Matematika!

Dr. Eridani adalah matematikawan favorit saya, rambutnya gondrong, gayanya yang nyentrik khas seniman, dan suka musik jenis rock, terutama, lagu-lagunya Bon Jovi dan U2. Berikut ini adalah puisi matematika yang ditulis di jendela itu.

Tiga minggu yang lalu untuk pertamakalinya kulihat kau berdiri tegak lurus di lantai. 
Kulihat alismu yang berbentuk setengah lingkaran berdiameter empat sentimeter, saat itulah kurasakan sesuatu hal yang rumit, serumit invers matrix berordo 5x5.
Seminggu kemudian kita bertemu kembali, dan saat itulah kurasakan sesuatu telah bertambah bagaikan deret geometri divergen yang limitnya menuju tak hingga.
Dan aku yakin, rasa ini kekal, laksana kekalan trigonometri sin(x) = cos(90'-x).
Kurasakan dunia yang bagaikan kubus ini hanya milik kita berdua.
Dari dua sudut pandang bersebrangan, kau dan aku bertemu di perpotongan diagonal ruang. 
Dan semakin hari kurasakan cinta ini bagaikan fungsi naik yang tak pernah turun, hanya ada titik belok yang selalu naik seperti grafik tangen di interval terbuka [90',270')
Namun aku bimbang, kau bagaikan asimtot yang yang takan mungkin kucapai.
Aku bingung betapa rumitnya kisah kita, bagaikan memecahkan sistem persamaan linear dengan sejuta variable namun hanya ada seratus persamaan, bahkan ekspansi baris kolom Gasuss-Jordan pun tak dapat memecahkannya.