Desember 09, 2011

Teka-Teki Albert Einstein

Albert Einstein
Anda pasti mengenal sosok ilmuwan jenius abad ini, yang mempopulerkan teori relativitas. Yap, dialah Albert Einstein.

Masa kecil yang penuh keprihatinan tidak banyak diketahui orang. Hidup dalam kemiskinan, Einstein kecil adalah anak yang dianggap bodoh di sekolahnya. Namun masa lalu yang kelam telah tertutupi oleh keagungan namanya di dunia sains dan teknologi. Kini, Albert Einstein dikenal fisikawan sekaligus seorang filsuf di dunia ini yang sangat menguasai matematika.



Pengagas Teori Relativitas

Saya masih ingat beberapa tahun yang lalau, saat saya masih duduk di bangku kelas 3 IPA SMA , saya diberi sebuah teka-teki oleh guru matematika saya, bapak Ir. Syamsul Junaidi. Ditengah hangatnya topik Integral yang sedang dibicarakan, pak Syamsul tiba-tiba menantang para murid dengan sebuah teka-teki yang sangat sulit untuk dijawab.

Beliau mengatakan bahwa bahwa teka-teki ini tidak mengandung trik, hanya murni logika. Albert Einstein menyusun teka-teki ini pada abad lalu. Dia menyatakan, 98% penduduk dunia tidak mampu memecahkan teka-teki ini.

Apakah anda termasuk yang 2%?
Berikut ini adalah teka-tekinya...

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.

INGAT: Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAAN : Siapakah Yang memelihara IKAN?

PETUNJUK:

  1. Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah
  2. Orang Swedia memelihara anjing
  3. Orang Denmark senang minum teh
  4. Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat
  5. Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi
  6. Orang yang merokok PallMall memelihara burung
  7. Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu
  8. Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill
  9. Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama
  10. Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing
  11. Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill
  12. Orang yang merokok Winfield senang minum bir
  13. Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia
  14. Orang Jerman merokok Rothmans
  15. Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

19 komentar:

  1. Yg memelihara ikan
    Rumah putih, dengan penghuni orang jerman,penggemar kopi,merokok rothman..
    Mudah2an benar hehe..

    BalasHapus
  2. Guru matematila saya juga menjawab ORANG JERMAN-lah yang memelihara ikan...
    Saat aku tanya, "Kok bisa?"
    Beliau menjawab, "Itulah yang harus kamu cari..."
    Jawaban macam apa itu? Saya masih penasaran dengan caranya menyelesaikan teka-teki ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dikirimkan langkah2nya gak pak?

      Hapus
  3. harry.. ni ak soraya..
    pakabar...?
    itu ak pakai cara sama kayak permainan sudoku harry.. kamu pernah main kan.. jadi kamu buat dulu tabelnya.
    btw, beneran tuh yg 2 %..? berarti aku termasuk donk.. horeeeyy.. :D

    BalasHapus
  4. Hoo ya... aku dah nyoba bikin tabelnya, tapi rasanya... ada petunjuk yang hilang. Jadi, aku belum bisa memenuhi tabel. BTW, selamat sudah menjadi 2% manusia yang berhasil menjawabnya dengan (insyaAllah) benar.

    BalasHapus
  5. wih, aku setuju, petunjuknya ada yang salah atau hilang, makanya aku juga bikin tabel, sampe butuh 2 kertas HVS, tabelnya gak selesai

    BalasHapus
  6. jawabannya orang jerman yang tinggal dirumah putih suka minum kopi dan merokok rotment

    BalasHapus
  7. Jawab : Jerman

    Norwegia : Rumah kuning, kucing, air, dunhill
    Denmark : Rumah biru, kuda, teh, marlboro
    Inggris : Rumah merah, burung, susu, pall mall
    Jerman : Rumah putih, ikan, kopi, rothmans
    Swedia : Rumah coklat, anjing, bir, winfield

    Teka teki yang sudah lama terpecahkan gan..
    But, nice share..

    BalasHapus
  8. 2jam yg lalu, aku diberi tekateki ini.
    belum pernah baca samasekali.
    Setelah 43menit, akhirnya aku bisa tau jawabannya.
    benar orang JERMAN.
    Dan menyusun tabelnya benar2 sulit kawan =@

    BalasHapus
  9. bagaimana caranya???ksh tw dong

    BalasHapus
  10. yang melihara ikan yaitu orang yang punya ikan

    BalasHapus
  11. MULTITAFSIRNYA PADA PERNYATAAN KE-4, POSISINYA BENAR2 SESUAI DENGAN TEORINYA (SUDUT PANDANG PENGAMAT),,,MESTINYA KIRI DAN KANAN BERASUMSI ATAS SUDUT PANDANG YANG DIAMATI.

    BalasHapus
  12. para mahasiswa teknik uda tau teka-teki ini sewaktu baru masuk sekolah, tes pertama yg diberikan dosen utk mengetahui sejauh mana kemampuan logika dan matematika.
    pertannyaan seperti itu utk org yang teliti,tepat,dan mempunyai logika yang kuat. gk perlu pintar utk meyelesaikan teka-teki ini.

    BalasHapus
  13. ya bener,,
    orang jerman yang melihara ikan..
    sblmny gw pernah coba,,gagal,,
    barusan gw coba lg teka-teki ni pake bantuan excel..
    syarat2 yg ada dipasang2in dl biar ga lupa,
    lalu trial n error trus2an sampe dapat yg pas..
    persis kyk puzzle yg rumit, ngga ada trik apapun, murni logika..

    BalasHapus
  14. Yup bener jawabannya adalah orang Jerman

    BalasHapus
  15. JAWABAN TEKA-TEKI EINSTEIN
    1. orang norwegia; warna kuning; minum air; rokok dunhill; hewan kucing
    2. orang denmark; warna biru; minum teh; rokok marlboro; hewan kuda.
    3. orang inggris; warna merah; minum susu; rokok palmal; hewan burung.
    4. orang JERMAN; warna hijau; minum kopi; rokok rothmans; hewan IKAN.
    5. orang swedia; warna putih; minum bir; rokok winfield; hewan anjing
    JAWABANNYA ADALAH ORANG JERMAN

    BalasHapus
  16. jawabannya sebenarnya pertanyaan dari yang di tanyakan....
    siapa yang minum tuh air putih....
    siapa siapa saja yang merokok...
    siapa siapa yang peliaharahara tuh binatang binatang....
    klo su tau yah su jlas....

    BalasHapus
  17. Jawabannya adalah Jerman sesuai dengan dugaan Einstein bahwa 98% penduduk dunia akan menjawab itu..
    Teka teki ini tidak mengandung trik, hanya murni logika.. Kalau kita menggunakan logika untuk memecahkan teka teki ini, berarti petunjuk tidak dibutuhkan lagi..
    Karena Einstein tidak menggunakan rumus dalam teka tekinya, seperti petunjuk yg kita gunakan menjadi rumusnya..

    Mari kita ulangi kembali pertanyaannya,

    Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda.
    Jawabannya : Pria (pemimpin) dari rumah (kebangsaan) mewakili setiap makna simbol warnaya masing2.. (Silakan cari di google makna dari warna)

    Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.
    Jawabannya : Setiap orang (bangsa) menggunakan egonya (kepribadian) masing2 untuk membuatnya seolah berbeda satu sama lain.

    Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.
    Jawabannya : Dari pertanyaan diatas, Einstein seolah2 sedang menertawakan para pria itu yg masing2 mengatakan bahwa mereka tidaklah memiliki persamaan satu sama lain. Sedangkan menurut logikanya, walaupun dengan jenis minuman berbeda tapi pada dasarnya semua mengandung unsur air. Biarpun merokok dengan merek berbeda tapi pada kenyataannya, semua merek rokok mereka berasal dari negara yg sama yaitu Amerika. Tapi para pria itu mengatakan bahwa mereka memelihara binatang (sifat) yang berbeda. Dan Einstein menjawab mereka dengan satu pertanyaan, Siapakah dari antara kalian yg memelihara IKAN..??!!

    Arti Lambang Ikan :

    Kata 'ikan' dalam Bahasa Yunani (ICHTHUS) digunakan sebagai singkatan untuk kata Iesous CHristos, Theou Uios, Soter yang berarti Sang Penyelamat. Huruf-huruf pertama frasa ini dalam bahasa Yunaninya adalah IXΘYΣ (ichthus).

    Jadi mari kita gunakan logika kita untuk menarik kesimpulan dari teka teki Einstein diatas..

    BalasHapus

Terimakasih telah membaca dan memberikan komentar, kritik dan saran pada post ini.