September 07, 2011

Ngapain sih Belajar Matematika?

Pertanyaan yang sering diajukan murid-murid dari generasi ke generasi adalah "Kenapa kita harus belajar matematika ini?". Mereka menanyakannya karena mereka belum memahami apa kegunaan mempelajari sebuah topik dalam matematika, dan kebanyakan guru matematika di sekolah mengajarkan konsep-konsep matematika yang rumit tanpa menjelaskan kegunannya dan seringkali tidak memberikan contoh-contoh penggunaannya dalam kehidupan murid sehari-hari. 

Jadi, "ngapain sih belajar matematika?"


Pertamakalinya, kita belajar tentang sebuah topik dalam matematika yang disebut ALJABAR, dimana kita mempelajari teknik-teknik penjumlahan, perkalian, desimal, pecahan, dan sebagainya. Konsep-konsep ini berhubungan dengan bilangan sehingga memudahkan kita memahami konsep-konsep tersebut. 



Jika saya mempunyai delapan buah pensil dan memberikan dua diantaranya kepada teman saya, maka dengan menggunakan konsep matematika saya dapat membayangkan berapa jumlah pensil yang saya miliki sekarang. Yah... sekarang, kita bisa membayangkan situasi dimana matematika sederhana sangat membantu kita - misalnya, untuk menghitung uang kembalian di toko.


Tiba-tiba, kita diminta untuk tidak hanya berhubungan dengan bilangan tetapi juga dengan huruf. Dan tidak berhenti sampai di sini, kamu mulai melihat pemangkatan bilangan, dan semua rangkaian simbol-simbol yang nampak tak berati sama sekali. Fakta inilah yang membuat kebanyakan orang malas mempelajari aljabar. 


Pada awalnya kita diminta mempelajari beberapa aturan tentang bagaimana cara berhitung dalam aljabar. Kita harus belajar langkah mana yang boleh dilakukan sebelum melakukan langkah yang lain, dan jika urutan langkahnya salah, kita akan mendapatkan jawaban yang salah.



Inilah yang menyebabkan putus asa dalam belajar matematika, dan kemudian kita bertanya:
"Ngapain sih harus mempelajari yang kayak gini?"
"Pelajaran nggak penting, nggak ada hubungannya dengan dunia nyata?"



Sejujurnya, ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab (bahkan doktor di kampus saya-pun tidak mau memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut), tapi jawaban sederhananya adalah Aljabar adalah awal dari perjalanan yang memberikanmu keterampilan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang rumit. Mempelajari Aljabar dapat dilakukan oleh semua orang, yang perlu dilakukan hanya adalah mempelajari topik-topik yang paling mudah dahulu sebelum mempelajari topik yang lebih rumit. 


Seperti halnya konsep dasar penjumlahan, perkalian, pembagian, desimal... Aljabar memgang peranan penting untuk menyelesaikan masalah-masalah yang lebih rumit dalam kehidupan, misalnya dalam menentukan kecepatan rata-rata sebuah benda yang bergerak, menghitung volume air yang bisa ditampung dalam sebuah botol, menghitung ketinggian menara pencakar langit, dan lain sebagainya.