September 16, 2011

Selalu Belajar

Salah satu ciri seorang pengajar PROFESIONAL adalah selalu belajar. Wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah perintah untuk membaca. Hal ini menunjukan bahwa membaca adalah keharusan utama bagi manusia.

Membaca Pesan di Alam dan Membaca Teks
Belajar tidak mengenal batas: dari sisi subjek maupun objek, dari sisi ruang maupun waktu. Dan satu-satunya batas akhir dari belajar adalah kehidupan itu sendiri. Rasulullah mengingatkan, "Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat". Dan di dalam hadits lain Rasulullah bersabda, "Carilah ilmu sampai ke negri Cina".
Bagi seorang manusia, belajar merupakan cara untuk meningkatkan derajatnya, karena menyadari bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu lebih tinggi beberapa derajat (Al-Anfaal 11). Allah mengingatkan manusia dengan kalimat "Apakah sama orang yang berilmu dengan orang-rang yang tidak berilmu" (Az-Zumar 9).

Dalam lintasan sejarah, para pendahulu kita mampu menggenggam zaman karena mereka adalah orang-orang yang tahu ruh ISLAM yang selalu harus belajar. Mereka adalah orang-orang yang haus ilmu pengetahuan, mencarinya dari sumber manapun untuk kemudian diamalkan untuk kesejahteraan umat manusia. Mozaik cendekiawan dunia kala itu, dari barat sampai timur dihiasi oleh pribadi-pribadi unggul seperti Al-Kindi, Ar-Razi, Al-Bairuni, Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, Ibnu Haitam, Ibnu Nafis, dan lain-lain.

Belajar tidak mengenal usia, belajarlah kepada siapa saja dan melalui media apa saja: membaca buku, menghadiri majelis-majelis intelektual, workshop, bertanya kepada yang lebih ahli... itu semua adalah kegiatan belajar.

Dan satu-satunya cara agar belajar kita lebih efektif adalah: MENGAMALKANNYA!
Pengalaman adalah pelajar yang paling berharga. Untuk itu seorang guru/pengajar sebaiknya menimba lebih banyak pengalaman dan mengambil hikmah dari apapun yang dialaminya. Seorang guru yang baik adalah mereka yang memiliki segudang hikmah dari pengalaman-pengalaman hidupnya untuk diceritakan kepada murid-muridnya.

Nah, sekian dulu posting saya untuk teman-teman guru sekalian. Saya akan berbagi berbagai tips mengajar di posting berikutnya. Semoga bermanfaat. Salam.